TEKNIKA

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Selasa, 29 Mei 2012

PISTON

Piston
    Piston merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah motor, karena dengan adanya
piston maka dapat terjadi pengubahan bahan bakar menjadi sebuah tenaga. Bagian atas dinamakan puncak piston.
Bentuk piston sangat tergantung pada bentuk ruang bakar. Bagian tersebut ditebalkan agar sanggup menampungtekanan gas dan memperbaiki aliran panas yang melalui cincin piston.
Makin tinggi temperaturnya makin besar pemuaian pistonnya. Panas yang diterima oleh piston harus dapat disalurkan dengan cepat
untuk menghindari pemuaian terlalu besar, maka bagian puncak piston dibuat berbentuk kerucut.
Piston di buat dari campuran bahan alumunium sebab; Tahan terhadap temperature yang tinggi Tahan terhadap keauasn Mempunyai boot yang ringan dan kuat Karena piston bergerak cepat maka perlu adanya pendinginan. Pendinginan torak di lakukan dengan cara mengalirkan minyak pelumas melaui batang piston.

CHAMP SHAFT

Cham shaf
   Camshaft adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin untuk menjalankan poppet valve.
Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katupdengan menekannya, atau dengan
mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar.
Hubungan antara camshaft dengan perputaran poros engkol sangat penting. Karena katupmengontrol
aliran masukan bahan bakar dan pengeluarannya, mereka perputaran arus dibuka dan ditutup pada saat yang tepat selama langkah piston. Untuk alasan ini, camshaft dihubungkan
dengan crankshaft secara langsung(melalui mekanisme gear) atau secara tidak langsung
melalui rantai yang disebut ”rantai waktu”.
Dalam mesin dua langkah yang menggunakan sebuah camshaft, setiap valve membuka sekali
untuk setiap rotasi crankshaft dalam mesin ini, camshaft berputar pada kecepatan yang sama
dengan crankshaft. Dalam mesin empat langkah katup-katup akan membuka setengah lebih sedikit, oleh karena itu dua putaran penuh crankshaft terjadi di setiap putaran camshaft.
Gesekan luncur antara bagian muka cam dengan follower tergantung kepada besarnya
gesekan. Untuk mengurangi aus ini, cam dan follower mempunyai permukaan yang keras,
dan minyak pelumas modern mengandung bahan yang secara khusus mengurangi gesekan luncur. Lobe (daun telinga) dari camshaft biasanya meruncing, mengakibatkan follower atau pengangkat katup berputar sedikit
dalam setiap tekanan, dan membuat aus komponen. Biasanya bagian muka dari cam
dan follower dirancang untuk aus bersamaan, jadi ketika salah satu telah aus maka keduanya
harus diganti untuk mencegah aus yang berlebihan.

Sabtu, 12 Mei 2012

SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR

Sistem injeksi bahan bakar pada mesin penggerak kapal merupakan sistem paling penting di antara sistem-sistem yang lainnya. Dengan sistem injeksi bahan bakar yang baik dan tepat akan menghasilkan tenaga mesin yang optimal.

Sistem injeksi bahan bakar mesin penggerak mencakup rangkaian komponen-komponen yang berhubungan dengan bahan bakar, yang berfungsi menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar, memompakan bahan bakar, sampai bahan bakar tersebut diinjeksikan kedalam ruang bakar silinder mesin rangka memperoleh tenaga.